Minggu, 01 Mei 2011

RPP Biologi MTs

Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Sekolah                 : MTs. DI. Putri Kediri
Kelas                     : IX
Mata Pelajaran      : IPA Terpadu (Biologi)
Semester                : 1 (satu)

Standar kopetensi : Siswa mampu memhmi berbagi sistem dalam kehidupan manusia
Kopetensi Dasar : Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator :
·         Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
·         Mendeskripsikan bentuk organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
·         Mendata contoh kelainan penyakitpada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalm keidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Alokasi waktu : 4 x pertemuan (8 x 45 menit)
A.    Tujuan pembelajaran
Peseta didik mampu :
1.      Mengamati strktur organ penyusun sistem ekskresi
2.      Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fngsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
3.      Mencari informasi tentang kelebihan/penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya

B.     Materi pembelajaran
1.      Struktur dan fungsi organ-organ ekskresi
2.      Proses ekskresi masing-masing organ
3.      Penyakit/gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sistem ekskresi

C.     Metode pembelajaran
1.      Model pembelajaran
a.       Direct instruction (DI)
b.      Cooperative learning (CL)
2.      Metode
a.       Diskusi
b.      Eksperimen
D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
1.      Kegiatan pendahuluan (80 menit)
a.       Memotivasi dan di awali pula dengan pertanyaan-pertanyaan lisan seperti “pernahkah kamu berkeringat?”kapan biasanya kamu berkeringat?” pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat digunakan oleh guru untuk menstimulasi siswa memahami sistem ekskresi lebih lanjut.
2.      Kegiatan inti (200 menit)
a.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b.      Guru menaruh torso di meja dan menunjukkan letak hati, paru-paru dan ginjal
c.       Guru menjelaskan bagian-bagian hati, ginjal, paru-paru dan kulit
d.      Guru menjelaskan fungsi hati, paru-paru, ginjal dan kulit
e.       Guru meminta siswa untuk menerjkan LKS tentang ekskresi manusia
f.       Guru mengawasi kegiatan siswa dan membimbingnya
3.      Penutup (80 menit)
a.       Guru memberikan penghargaan kepada peserta didiknya atas jawaban yang benar
b.      Guru membimbing siswa untuk merangkum pembelajaran
c.       Pemberian tugas rumah
E.     Sumber belajar
1.      Buku paket Biologi (IPA Terpadu)
2.      Buku siswa
3.      Torso
4.      LKS
F.      Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tes tertulis
-          Tes unjuk kerja
2.      Bentuk instrument
-          Pilihan ganda
-          Uraian
-          Uji petik kerja prosedur
3.      Contoh istrumen
-          Uji petik kerja prodsedur
“tempelkan kertas minyak pada kulit berkeringat! Apakah keringat mengandung minyak?
-          Uraian
“tuliskan 2 macam penyakit yang dapat menyerang paru-paru dan upaya pencegahannya”
-          Pilihan ganda
“sum-sum ginjal pada organ ginjal disebut
a.       Medulla                 c. pelvis
b.      Korteks                  d. ureter



Kediri, 24 Juli 2010
Mengetahui
Kepala MTs. DI. Putri Kediri                                                         Guru Mata Pelajaran


(TGH. MUZAKKAR IDRIS, L.C, M. Si)                                     (ASMA’UL HUSNA, S.Pdi)


Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Sekolah              : MTs. DI. Putri Kediri
Kelas                  : IX
Mata Pelajaran   : IPA Terpadu (Biologi)
Semester             : 1 (satu)

Standar kopetensi       :  Siswa mampu memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kopetensi dasar    : Mendeskripsikan sistem reproduksi reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Indikator
1.      Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
2.      Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
Alokasi waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
A.    Tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan bagian-bagian reproduksi melalui pengamatan
2.      Menjelaskan fungsi sistem reproduksi melalui kajian pustaka
B.     Materi pemberlajaran
1.      Anatomi, organ reproduksi
2.      Fisiologi organ reproduksi
C.     Metode pembelajaran
1.      Model pembelajaran
a.       Cooperative learning (CL)
b.      Direct instructional (DI)
2.      Metode
a.       Diskusi Tanya jawab
b.      Demonstrasi
D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan pendahuluan (40 menit)
-          Motivasi : menanyakan kepada peserta didik apakah pernah melihat/mengamati proses reproduksi pada makhluk hidup
-          Pengetahuan prasarat : mengajukan pertanyaan apakah arti reproduksi?
b.      Kegiatan inti (100 menit)
-          Guru mengarahkan jawaban pertanyaan peserta didik untuk menelaah buku sumber
-          Guru menunjukan bagian-bagian organ reproduksi secara deklaratif dan fungsinya
-          Guru meminta salah satu peserta didik untuk menunjukkan bagian-bagian anatori organ reproduksi melalui charta yang ada
-          Guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS yang sudah di siapkan
-          Guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan bimbingan
c.       Kegiatan penutup (40 menit)
-          Memberikan penghargaan pada peserta didik yang kinerjanya bagus
-          Memberikan kesimpulan
-          Memberikan tugas rumah
Pertemuan kedua
a.       Kegiatan pendahuluan (40 menit)
-          Motivasi menanyakan kepada pesera didik apakah mereka tahu fungsi dari sistem reproduksi pada manusia?
b.      Kegiatan inti (100 menit)
-          Guru mengarahkan jawaban siswa utnuk menelaah gambar sistem reproduksi pada
-          Guru meminta siswa untuk menunjukkan bagian-bagian fisiologi organ reproduksi melalui charta yang ada
-          Guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS yang sudah disiapkan
-          Guru mengawasi dan memberikan bimbingan

c.       Kegiatan penutup (40 menit)
-          Memberikan penghargaan kepada siswa yang kinerjanya baik
-          Memberikan kesimpulan
-          Memberikan tugas rumah
E.     Sumber belajar
1.      Buku paket IPA terpadu (biologi)            3. Torso/charta
2.      Buku siswa            4. LKS
F.      Penilaian
1.      Teknik penilaian
-    Tes tertulis                                                             - portofolio
2.      Bentuk instrument
-          Pilihan ganda                                                      - dokumen pekerjaan
-          Uraian
Contoh instrument
·         Pilihan ganda
1.      Organ reproduksi laki-laki yang bertugas menampung sel sperma adalah….
a.       Vesikula seninalis                                   c. vas deferens
b.       Kelenjar proskat                                     d. epididimis
Jawaban a. versikula seninalis
2.       Proses reproduksi pada manusia merupakan proses terbentuknya individu baru….
a.       Daribagian tubuh induknya
b.       Tanpa melalui proses pembuahan
c.       Melalui proses pembelhan diri
d.      Yang didahului proses fertilisasi
Jawaban d. yang di dahului proses fertilisasi
3.      Proses pembentukan sperma disebut….
a.       Oogenesis                                               c. menstruasi
b.       Gamegogenesis                                      d. spermatogenesis
Jawaban d. spermatogenesis
4.      Gaian organ reproduksi pria yang berfungsi mengatur suhu testis yaitu…
a.       Penis                                                       c. epidimis
b.       Slerotum                                                 d. ureter
Jawaban b. slerotum
5.       Hormone yang berpengaruh dalam peristiwa spermatogenesis adalah…
a.       FSH dan LH                                          c. FSH dan progesterone
b.       LH dan estrogen                                 d. estrogen dan progesterone
Jawaban a. FSH dan LH

·         Uraian
1.       Jelaskan uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi!
Jawaban : sebagai tempat perkembagan janin
2.       Apa yang dimaksud dengan Fertilisasi?
Jawaban : proses bertemunya sel sperma dengan ovum dalam saluran reproduksi wanita
3.       Sebutkan organ reproduksi luar pada pria!
Jawaban : penis, skrotum
4.       Sebutkan organ reproduksi luar pada wanita!
Jawaban : Vulva, labium
5.       Jelaskan fungsi ovarium
Jawaban : menghasilkan ovum

Kediri, 30 Juli 2010
Mengetahui
Kepala MTs. DI. Putri Kediri                                                       Guru Mata Pelajaran


(TGH. MUZAKKAR IDRIS, L.C, M. Si)                                (ASMA’UL HUSNA, S.Pdi)


Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Sekolah              : MTs. DI. Putri Kediri
Kelas                  : IX
Mata Pelajaran   : IPA Terpadu (Biologi)
Semester             : 1 (satu)

Standar kopetensi    : Siswa mampu memahami berbagai system dalam kehidupan manusia
Kopetensi dasar       : Mendeskrisikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Indikator
1.      Mendeskripsikan fungsi system reproduksi
2.      Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system reproduksi manusia yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Alokasi waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
A.      Tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Membedakan sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan melalui carta
2.      Menjelaskan proses gametogenesis melalui carta
3.      Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
4.      Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
B.      Materi pemberlajaran
1.      Anatomi perbandingan sistem reproduksi
2.      Proses oogenesis dan spermatogenesis
3.      Penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
C.      Metode pembelajaran
1.      Model pembelajaran
a.       Cooperative learning (CL)
b.      Direct instructional (DI)
2.      Metode
a.       Diskusi Tanya jawab
b.      Demonstrasi
D.      Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan pendahuluan (40 menit)
-          Motivasi menanyakan pada siswa apakah pernah melihat gambar organ reproduksi pada manusia dan penyakti/gangguan apa saja yang menimpa organ reproduksi pada manusia?
-          Pengetahuan prasarat : instruksi “merenungkan,memikirkanorgan reproduksi masing –masing siswa “.
b.      Kegiatan inti (100 menit)
-          Guru mengarahkan jawaban siswa untuk menelaah gambar sistem reproduksi pada buku siswa
-          Secara demostratif guru menunjukkan perbedaan sistem reproduksi laki-laki dengan perempuan serta proses gametogenesis
-          Guru meminta siswa untuk mengulangi kegiatan yang sama dan memberikan umpan balik
-          Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang disiapkan
-          Guru memantau pekerjaan siswa dan melakukan bimbingan
c.       Kegiatan penutup (40 menit)
-          Memberikan penghargaan pada peserta didik yang kinerjanya bagus
-          Membantu siswa membuat rangkuman
-          Memberikan tugas rumah
Pertemuan kedua
a.       Kegiatan pendahuluan (40 menit)
-          Motivasi menanyakan pada siswa apakah mereka bias menyebukan gangguan-gangguan apa saja yang menimpa organ reproduksi manusia?
-          Pengetahuan prasarat : merenungkan
b.      Kegiatan inti (100 menit)
-          Guru meminta siswa untuk menyebutkan penyakit atau gangguan pada sistem reproduksi
-          Guru melengkapi jawaban dari siswa
-          Guru meminta siswa mengerjakan LKS
-          Guru memantau pekerjaan siswa serta memberikan bimbingan

c.       Kegiatan penutup (40 menit)
-          Membantu siswa membuat rangkuman
-          Memberikan tugas rumah
E.       Sumber belajar
1.      Buku paket IPA terpadu (Biologi)                           3. Torso/charta
2.      Buku siswa                                                               4. LKS

F.       Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tes tertulis                                                          - portofolio
2.      Bentuk instrument
-          Pilihan ganda                                                      - dokumen pekerjaan
-          Uraian
Contoh instrument
·         Pilihan ganda
1.      vas deferens merupakan saluran sperma yang menghubungkan….
a.       Testi-epididimis                                c. testis-vesikula seminalis
b.      Epididimis-uretra                              d.epididimis-vesikula seminalis
            Jawaban : d. epididimis-vesikula seminalis
2.      organ kelamin luar laki-laki yang digunakan sebagai alat untuk melakukan keritus yaitu…
a.       testis                                                       c. duktas epididimis
b.      penis                                                       d. vesikula seminalis
            jawaban : b. penis
·         Uraian
1.      sebutkan gangguan-gangguan pada sistem reproduksi!
a.       Aids                c. Sifilis (raja singa)                 e. kutil pada alat kelamin
b.      Gonorea          d. Herpes Genitalis



Kediri,
Mengetahui
Kepala MTs. DI. Putri Kediri                                                       Guru Mata Pelajaran


(TGH. MUZAKKAR IDRIS, L.C, M. Si)                                (ASMA’UL HUSNA, S.Pdi)




Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Sekolah              : MTs. DI. Putri Kediri
Kelas                  : IX
Mata Pelajaran   : IPA Terpadu (Biologi)
Semester             : 1 (satu)

Standar kopetensi    : Siswa mampu memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kopetensi dasar       : Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manudia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator :
  1. Memabandingkan bentuk organ penyusun sistem koordinasi pada manusia
  2. Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
Alokasi waktu : 3 x pertemuan (6 x 45 menit)
A.    Tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Menyebutkan organ-organ penyusun sistem saraf pada menusia melalui pengamatan carta/torso
2.      Menunjukkan bagian-bagian sel saraf dan fungsinya melalui pengamatan dan kajian pustaka
B.     Materi pemberlajaran
1.      Sistem saraf pada manusia dan dungsinya
2.      Bagian-bagian sel
3.      Otak manusia
4.      Gerak refleks dan gerak biasa
C.     Metode pembelajaran
1.Model pembelajaran
a.       Cooperative learning (CL)
b.      Direct instructional (DI)
2.Metode
a.       Diskusi Tanya jawab
b.      Demonstrasi

D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
1.      Kegiatan pendahuluan
Motivasi : memperliatkan carga sistem saraf pada manusia dan menanyakan pada siswa gambar apa yang terdapat pada carta tersebut
2.      Kegiatan inti
-          Guru memberikan informasi tentang sistem saraf pada manusia
-          Guru membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan kemampuan
-          Guru mengarahkan diskusi dengan meminta siswa untuk membaca buku siswa
-          Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
-          Siswa dari kelompok lain menanggapi laporan dari kelompok yang presentasi
-          Guru memberikan kuis secara tertulis kepada siswa
-          Kuis yang diberikan bersifat individual
3.      Kegiatan penutup
-          Memberikan penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik
-          Memberikan kesimpulan
-          Memberikan tugas rumah

Pertemuan kedua
1.      Kegiatan pendahuluan
Motivasi : memperlihatkan carta sistem saraf pada manusia dan menanyakan baigan-bagian sel saraf dan fungsinya
Pengetahuan prasarat : sebutkan bagian-bagian sel saraf dan fungsinya
2.      Kegiatan inti
-          Guru menyebutkan bagian-bagian sel saraf
-          Guru menjelaskan fungsi-fungsi sel saraf
-          Guru memberikan LKS untuk dikerjakan siswa
-          Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS
3.      Kegiatan penutup
-          Memberikan kesimpulan
-          Memberikan tugas rumah
Pertemuan ketiga
1.      pendahuluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar